Format
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Al-Wasliyah
Mata pelajaran : Qur’an Hadist
Kelas/Semester : Dua (II)/ganjil
AlokasiWaktu :1 x pertemuan (2 x 35 Menit)
A.
Kompetensi Inti
(KI)
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
B. Kompetensi Dasar
3.2
Memahami hukum bacaan gunnah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. (C1.4)
Membaca
2. (C1.9)
Menulis
3. (C1.16)
Menghapal
4. (C1.17)
mencatat
5. (C2.1)
Memperkirakan
6. (C2.3)
menjelaskan
7. (C2.7)
menjabarkan
8. (C2.12)
Menghitung
9. (C2.15)
Mengartikan
10. (C6.4) Membuat
D. Tujuan:
1. Disediakan
tulisan ayat pertama Qur’an surat al-kausar, siswa Membaca dengan dengung
sebuah kalimat yang mengandung gunnah pada Quran surat Al-Kausar ayat 1 (3.2.C.1.4)
2. Disediakan
tulisan ayat pertama Quran surat al-kausar, siswa Menulis kembali satu huruf
gunnah yang terdapat pada Quran surat Al-Kausar ayat 1 (3.2.C.1.9)
3. Disediakan
tulisan materi tentang gunnah, siswa Menghapal 2 macam gunnah (3.2.C.1.16)
4. Disediakan
tulisan Q.S Al-Kausar ayat 1-3, siswa mencatat 2 huruf gunnah yg terdapat pada
Q.S Al-Kausar ayat 1-3 (3.2.C.1.17)
5. Disediakan
tulisan ayat pertama qur’an surat An-nas, siswa Memperkirakan panjang bacaan
gunnah 2 harakat pada lafad akhir Quran surat An-Nas ayat 1 (3.2.C.2.1)
6. Disediakan
tulisan materi tentang gunnah, siswa Menjelaskan arti gunnah secara bahasa dan
istilah (3.2.C.2.3)
7. Disediakan
materi tentang gunnah, siswa menjabarkan pembagian gunnah (3.2.C.2.7)
8. Disediakan
tulisan Quran Sural Al-Asr ayat 1-3, siswa menghitung jumlah huruf gunnah yang
terdapat pada Quran Sural Al-Asr ayat 1-3. (3.2.C.2.12)
9. Disediakan
tulisan materi tentang gunnah, siswa mengartikan gunnah secara bahasa
(3.2.C.2.15)
10. Disediakan
tulisan materi tentang gunnah, siswa Membuat dua contoh dari macam-macam
gunnah. (3.2.C.6.4)
E. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian gunnah: gunnah secara bahasa adalah
mendengung. Sedangkan secara istilah adalah
suara yang nyaring atau jelas yang keluar dari lubang hidung atau perpaduan
atara dua huruf yang sama, yang pertama mati atau disukun dan yang kedua
berharakat kemudian ditulis menjadi satu huruf dan disertai berdengung dalam
membacanya.
2. Gunnah dibagi menjadi 2 macam yaitu :
1. Gunnah
Ashliyyah (gunnah yang asli ketika huruf mim dan nun keduanya dalam keadaan
bertasydid, maka dalam mengucapkannya diwajibkan dengan suara mendengung dan
ditahan 2 harakat. Lafad-lafad tersebut wajib adanya gunnah baik dalam keadaan wasol ataupu waqof) dan
2. Gunnah
‘Aridhoh yaitu gunnah yang ada pada hukum bacaan idghom biggunnah, idghom
mimmi, ikhfa syafawi dan iqlab. Dikatakan gunnah ‘Aridhoh karena gunnah ini
hanya ada dalam keadaan tertentu dan tidak mesti ada selamanya.
3.Cara membaca gunnah yaitu setiap bacaan yang
menghadap nun dan mim yang bertasydid dibaca dengan dengung yang sempurna dan
bertempo 2 harakat.
4. Huruf gunnah ada 2 yaitu nun bertasydid dan mim
yang bertasydid.
5. Q.S Al-Kausar ayat 1-3
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ
6. Q.S Al-Asr ayat
1-3
وَالْعَصْر
إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا
بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
7. Q.S An-Nas ayat 1
قُلْ
اَعُوْذُبِرَبِّ النَّاسِ
8. Contoh gunnah
1.
مِنَ
الْجَنَّة
2.
مِمَّا
رَزَقْنَا هُمْ
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (... JP)
a. KegiatanPendahuluan;
1.
Apersepsi adalah mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
2.
Preetest adalah Mengukur kemampuan siswa dengan membuat pertanyaan terhadap
materi yang ingin diajarkan
b. Kegiatan Inti;
- Mengamati
2.
Guru membagi siswa menjadi 5
kelompok
3.
Guru memberikan tulisan/tugas
tentang gunnah untuk dipelajari bersama
4.
Guru menyuruh siswa untuk
mempelajari materi yang diberikan
5.
Siswa melihat dan mengamati dan
mempelajari
6.
Guru menyuruh siswa membuat 10
pertannyaan dari setiap kelompok
7.
Guru menyuruh siswanya untuk
menyortir pertannyaan dari 5 kelompok
8.
Guru menyuruh siswa untuk
membacakan hasil sortiran dari 5 kelompok
9.
Guru menjelaskan KD yang akan
diajarkan sesuai dengan pertanyaan dari masing-masing kelompok
- Menanya
1.
Menginventarisasi
10 soal
1. Bagaimanakah cara membaca gunnah?
2. Tuliskan huruf gunnah yang terdapat pada
Q.S Al-Kausar ayat 1!
3. Ada berapakah macam gunnah?
4. Catatlah huruf-huruf gunnah yang terdapat
pada Q.S Al-Kausar ayat 1-3!
5. Berapaka panjang/lama membaca gunnah?
6. Jelaskan arti gunnah secara istilah!
7. Jabarkan pembagian gunnah!
8. Hitunglah jumlah huruf gunnah yang
terdapat pada Q.S Al-Asr ayat 1-3!
9. Apa arti gunnah secara bahasa?
10. Buatlah 2 contoh gunnah!
2.
Menjawab 10 soal
1.
Dengan dengung
2.
hAda satu huruf
saja yaitu nun
bertasydid
3.
2 macam
4.
Nun bertasydid pada lafad awal ayat pertama dan lafad
awal ayat ke tiga
5.
Bertempo 2 harakat
6.
Gunnah secara
istilah adalah suara yang nyaring atau jelas yang
keluar dari lubang hidung atau perpaduan atara dua huruf yang sama, yang
pertama mati atau disukun dan yang kedua berharakat kemudian ditulis menjadi
satu huruf dan disertai berdengung dalam membacanya.
7.
Gunnah dibagi
menjadi 2 yaitu gunnah Ashliyyah (gunnah yang asli ketika huruf mim dan nun
keduanya dalam keadaan bertasydid, maka dalam mengucapkannya diwajibkan dengan
suara mendengung dan ditahan 2 harakat baik dalam keadaan wasol ataupu waqof)
dan gunnah ‘Aridhoh yaitu gunnah yang ada pada hukum bacaan idghom biggunnah,
idghom mimmi, ikhfa syafawi dan iqlab. Dikatakan gunnah ‘Aridhoh karena gunnah
ini hanya ada dalam keadaan tertentu dan tidak mesti ada selamanya.
8.
Ada 1 huruf gunnah
yang terdapat pada Q.S Al-Asr ayat 1-3
9.
Gunnah secara
bahasa adalah mendengung
10.
1.
مِنَ
الْجَنَّة
2.
مِمَّا
رَزَقْنَا هُمْ
- Mengumpulkan informasi/mencoba
- Menalar/mengasosiasi
-
Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (... JP)
b.
Kegiatan Inti
-
Mengamati
-
Menanya
-
Mengumpulkan informasi/mencoba
-
Menalar/mengasosiasi
-
Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik penilaian
2.Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3.Pembelajaran remedial dan pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah
kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.Media/alat
2.Bahan
3.Sumber Belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar