Sutejo Ibnu Pakar

Kamis, 24 November 2016

RPP SITI FATIMAH PAI-D SMT 3



Format RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Al-Wasliyah
Mata pelajaran : Qur’an Hadist
Kelas/Semester : Dua (II)/ganjil
AlokasiWaktu :1 x pertemuan (2 x 35 Menit)
A.    Kompetensi Inti (KI)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
B. Kompetensi Dasar
     3.2 Memahami hukum bacaan gunnah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  (C1.4) Membaca
2.  (C1.9) Menulis
3.  (C1.16) Menghapal
4.  (C1.17) mencatat
5.  (C2.1) Memperkirakan
6.  (C2.3) menjelaskan
7.  (C2.7) menjabarkan
8.  (C2.12) Menghitung
9.  (C2.15) Mengartikan
10. (C6.4) Membuat
D. Tujuan:
1.  Disediakan tulisan ayat pertama Qur’an surat al-kausar, siswa Membaca dengan dengung sebuah kalimat yang mengandung gunnah pada Quran surat Al-Kausar ayat 1  (3.2.C.1.4)
2.  Disediakan tulisan ayat pertama Quran surat al-kausar, siswa Menulis kembali satu huruf gunnah yang terdapat pada Quran surat Al-Kausar ayat 1 (3.2.C.1.9)
3.  Disediakan tulisan materi tentang gunnah, siswa Menghapal 2 macam gunnah (3.2.C.1.16)
4.  Disediakan tulisan Q.S Al-Kausar ayat 1-3, siswa mencatat 2 huruf gunnah yg terdapat pada Q.S Al-Kausar ayat 1-3 (3.2.C.1.17)
5.  Disediakan tulisan ayat pertama qur’an surat An-nas, siswa Memperkirakan panjang bacaan gunnah 2 harakat pada lafad akhir Quran surat An-Nas ayat 1 (3.2.C.2.1)
6.  Disediakan tulisan materi tentang gunnah, siswa Menjelaskan arti gunnah secara bahasa dan istilah (3.2.C.2.3)
7.  Disediakan materi tentang gunnah, siswa menjabarkan pembagian gunnah (3.2.C.2.7)
8.  Disediakan tulisan Quran Sural Al-Asr ayat 1-3, siswa menghitung jumlah huruf gunnah yang terdapat pada Quran Sural Al-Asr ayat 1-3. (3.2.C.2.12)
9.  Disediakan tulisan materi tentang gunnah, siswa mengartikan gunnah secara bahasa (3.2.C.2.15)
10.   Disediakan tulisan materi tentang gunnah, siswa Membuat dua contoh dari macam-macam gunnah. (3.2.C.6.4)
E. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian gunnah: gunnah secara bahasa adalah mendengung. Sedangkan secara  istilah adalah suara yang nyaring atau jelas yang keluar dari lubang hidung atau perpaduan atara dua huruf yang sama, yang pertama mati atau disukun dan yang kedua berharakat kemudian ditulis menjadi satu huruf dan disertai berdengung dalam membacanya.
2. Gunnah dibagi menjadi 2 macam yaitu :
 1. Gunnah Ashliyyah (gunnah yang asli ketika huruf mim dan nun keduanya dalam keadaan bertasydid, maka dalam mengucapkannya diwajibkan dengan suara mendengung dan ditahan 2 harakat. Lafad-lafad tersebut wajib adanya gunnah  baik dalam keadaan wasol ataupu waqof) dan
 2. Gunnah ‘Aridhoh yaitu gunnah yang ada pada hukum bacaan idghom biggunnah, idghom mimmi, ikhfa syafawi dan iqlab. Dikatakan gunnah ‘Aridhoh karena gunnah ini hanya ada dalam keadaan tertentu dan tidak mesti ada selamanya.
3.Cara membaca gunnah yaitu setiap bacaan yang menghadap nun dan mim yang bertasydid dibaca dengan dengung yang sempurna dan bertempo 2 harakat.
4. Huruf gunnah ada 2 yaitu nun bertasydid dan mim yang bertasydid.
5. Q.S Al-Kausar ayat 1-3
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
 فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
 إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ
6. Q.S Al-Asr ayat 1-3
      وَالْعَصْر
إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

7. Q.S An-Nas ayat 1

قُلْ اَعُوْذُبِرَبِّ النَّاسِ
8. Contoh gunnah
1.    مِنَ الْجَنَّة
2.    مِمَّا رَزَقْنَا هُمْ


F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (... JP)
a. KegiatanPendahuluan;
1. Apersepsi adalah mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
2. Preetest adalah Mengukur kemampuan siswa dengan membuat pertanyaan terhadap materi yang ingin diajarkan
b. Kegiatan Inti;
- Mengamati
2.      Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok
3.      Guru memberikan tulisan/tugas tentang gunnah untuk dipelajari bersama
4.      Guru menyuruh siswa untuk mempelajari materi yang diberikan
5.      Siswa melihat dan mengamati dan mempelajari
6.      Guru menyuruh siswa membuat 10 pertannyaan dari setiap kelompok
7.      Guru menyuruh siswanya untuk menyortir pertannyaan dari 5 kelompok
8.      Guru menyuruh siswa untuk membacakan hasil sortiran dari 5 kelompok
9.      Guru menjelaskan KD yang akan diajarkan sesuai dengan pertanyaan dari masing-masing kelompok
- Menanya
1.      Menginventarisasi 10 soal
1.       Bagaimanakah cara membaca gunnah?
2.       Tuliskan huruf gunnah yang terdapat pada Q.S Al-Kausar ayat 1!
3.       Ada berapakah macam gunnah?
4.       Catatlah huruf-huruf gunnah yang terdapat pada Q.S Al-Kausar ayat 1-3!
5.       Berapaka panjang/lama membaca gunnah?
6.       Jelaskan arti gunnah secara istilah!
7.       Jabarkan pembagian gunnah!
8.       Hitunglah jumlah huruf gunnah yang terdapat pada Q.S Al-Asr ayat 1-3!
9.       Apa arti gunnah secara bahasa?
10.     Buatlah 2 contoh gunnah!
2.      Menjawab 10 soal
1.      Dengan dengung
2.      hAda satu huruf saja yaitu nun bertasydid
3.      2 macam
4.      Nun bertasydid pada lafad awal ayat pertama dan lafad awal ayat ke tiga
5.      Bertempo 2 harakat
6.      Gunnah secara istilah adalah suara yang nyaring atau jelas yang keluar dari lubang hidung atau perpaduan atara dua huruf yang sama, yang pertama mati atau disukun dan yang kedua berharakat kemudian ditulis menjadi satu huruf dan disertai berdengung dalam membacanya.
7.      Gunnah dibagi menjadi 2 yaitu gunnah Ashliyyah (gunnah yang asli ketika huruf mim dan nun keduanya dalam keadaan bertasydid, maka dalam mengucapkannya diwajibkan dengan suara mendengung dan ditahan 2 harakat baik dalam keadaan wasol ataupu waqof) dan gunnah ‘Aridhoh yaitu gunnah yang ada pada hukum bacaan idghom biggunnah, idghom mimmi, ikhfa syafawi dan iqlab. Dikatakan gunnah ‘Aridhoh karena gunnah ini hanya ada dalam keadaan tertentu dan tidak mesti ada selamanya.
8.      Ada 1 huruf gunnah yang terdapat pada Q.S Al-Asr ayat 1-3
9.      Gunnah secara bahasa adalah mendengung
10.   
1.    مِنَ الْجَنَّة
2.    مِمَّا رَزَقْنَا هُمْ

- Mengumpulkan informasi/mencoba
- Menalar/mengasosiasi
- Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (... JP)
b. Kegiatan Inti
- Mengamati
- Menanya
- Mengumpulkan informasi/mencoba
- Menalar/mengasosiasi
- Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik penilaian
2.Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3.Pembelajaran remedial dan pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.Media/alat
2.Bahan
3.Sumber Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar